21 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

Sakit kepala merupakan satu penyakit ringan yang sering terjadi, mungkin anda juga sering merasakannya. Saat beban kerja menumpuk, saat tugas kuliah mengantri, atau saat masalah di rumah serasa semakin menghimpit, saat itu biasanya sakit kepala tiba. Maka lengkaplah sudah rasanya penderitaan.

Jenis-Jenis Sakit Kepala

Ada beberapa penyebab utama sakit kepala. Sebelum kita bahas apa saja penyebabnya, ada biknya kita bahas du apa saja kira-kira jenis-jenis sakit kepala. Mungkin anda pernah merasa sakit kepala di sebelah kiri kepala anda, atau anda pernah merasakan sakit kepala mencengkram. Beberapa jenis sakit kepala diantaranya: sakit kepala cluster, sakit kepala migrain, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala vertigo dsb. Beda sakit kepala beda pula obatnya. Mungkin anda pernah mendengar iklan itu bukan, Memang benar adanya. Makanya, sebelum anda mengobati sakit kepala anda kenali dahulu jenis sakit kepala yang sedang anda alami.

Nah, kalau anda suka mengobati sakit kepala dengan obat yang tersedia di apotik atau toko terdekat. Oh ya, sakit kepala itu dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena kekurangan nutrisi.

Magnesium

Nutrisi pertama dan menentukan adalah magnesium, jika tubuh kita kekurangan mineral yang satu ini, maka bisa mengakibatkan sakit kepala. Magnesium berfungsi sebagai bahan energi bagi tubuh. Sumber utama magnesium adalah sayuran hijau, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen.

Vitamin B2

Tahukah anda, berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa asupan cukup vitamin B2 mengurangi serangan sakit kepala, terutama migrain, selain itu menurut Dr. Mikolai, Kepala Residen di National College of Natural Medicine, Portland, Oregon. Sumber utama vitamin B2 adalah almond, jamur, gandum, dan kacang kedelai.

Vitamin D

Tahukah anda, jika tubuh kita kekurangan vitamin D maka dapat menyebabkan rasa sakit kronis. Dosis standar untuk vitamin D adalah 2.000 mg per hari, meskipun dalam banyak kasus, diperlukan lebih banyak. Atau, hanya mengonsumsi susu segar setiap hari. 

Nah, penuhilah beberapa nutrisi di atas agar anda terhindar dari sakit kepala yang lebih parah lagi. Nah, sekarang kita bahas kira-kira bagaimana cara menghilangkan sakit kepala secara alami tanpa obat.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala

13 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

1. Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Meminum Air Putih

Konsumsi ari minimal 2 liter perhari. Jika anda menderita sakit kepala segera minum air putih.

2. Mengatasi Sakit Kepala dengan Memakan Kentang

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, kekurangan mineral dapat mengakibatkan sakit kepala, jika sakit kepala menyerang segera konsumsi kentang rebus. Karena bisa jadi anda kekurangan elektrolit, dalam hal ini kalium.

3. Mengatasi Sakit Kepala dengan Pisang

Nah, jika anda kekurangan magnesium maka bisa mengakibatkan sakit kepala sebelah atau migran, maka solusinya adalah dengan mengkonsumsi pisang. Pisang merupakan salah satu sumber magnesium yang sangat baik. Baca juga 22 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui.

4. Mengatasi Sakit Kepala dengan Es Batu

Kurangi sakit kepala saat menyerang dengan menggunakan es batu. Kompres kepala anda dengan menggunakan es batu atau kain yang direndam dengan es batu. Hal ini dikarenakan dingan es batu dapat membuat mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit.

5. Mengatasi Sakit Kepala dengan Makanan/ Minuman yang Mengandung Mint

Bagi anda yang sering makan tidak teratur, maka biasanya akan mengakibatkan lapar dan sakit kepala, nah anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint contohnya seperti teh pappermint dsb.

6. Mengatasi Sakit Kepala dengan Kopi

Wah, berikta gembira bagi pencinta kopi, karena kopi ternyata mampu menghilangkan sakit kepala, tentu dengan syarat tidak berlebihan. Tahukah anda? kandungan kafein dalam kopi 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Konsumsi maksimal 2 sd 3 gelas perharinya, jika berlebihan akan memicu sakit kepala lagi.

7. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Wijen

Kandungan vitamin E dalam biji wijen dapat membantu menstabilkan estrogen dalam tubuh, sehingga dapat mencegah migrain. Selain itu biji wijen juga kaya akan magneisum yang juga dapat mencegah sakit kepala. Selain biji wijen, makanan seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis, juga banyak mengandung magnesium.

8. Mengatasi Sakit Kepala dengan Mengkonsumsi Ikan

Konsumsi ikan salmon, makarel atau tuna yang kaya akan omega -3 dan lemak esensial yang dapat mencegah peradangan yang dapat menimbulkan migrain.

9. Mengobati Sakit Kepala dengan Semangka

Semangka merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan air, jadi dapat anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala yang diakibatkan oleh dehidrasi. Baca juga Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan dan Kecantikan serta Kandungan Nutrisinya.

10. Mengatasi Sakit Kepala dengan Streching

Sedikit peregangan dapat mengurangi sakit kepala. Sakit kepala bisa disebabkan oleh otot yang tegang, gerak-gerakan tubuh anda, leher, tangan dan kaki secara sederhana saja.

11. Mengatasi Sakit Kepala dengan Tidur Secara Teratur

Tidur optimal sangat baik untuk keehatan, jika anda kurang tidur maka bisa memicu sakit kepala. Usahakan untuk tidur 7-8 jam sehari agar anda terhindari dari yang namanya sakit kepala.

12. Hindari Stress

Stress juga bisa menyebakna sakit kepala. Karena stress bisa menyebabkan otot-otot atau urat syaraf yang tegang, dalam salah satu penyebabnya karena terlalu banyak pikiran.

13. Mengatasi Sakit Kepala dengan Biji Alpukat

Jika penyebab sakit kepala anda disebabkan oleh demam, anda bisa membuat pengompres alami dari biji alpukat. Caranya sediakan 2 biji buah alpukat kemudian parut. Setelah itu campur dengan sedikit air, kemudian tempel di dahi selama kurang lebih 1-2 jam atau setiap anda tidur dimalam hari.

Bagaimana? Itu tadi 13 cara menghilangkan sakit kepala secara alami tanpa obat. Nah, sekarang kita bahas yang pakai herbal alami. Ada beberapa herbal alami yang bisa mengatasi dan menghilangkan sakit kepala. 

Obat Sakit Kepala Tradisional


14. Bunga Matahari

Bahan: Sediakan 30 gram bunga matahari, 10 gram jahe, 1 butir telur ayam, dan 600 cc air bersih.
Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 600 cc air hingga tersisa 300cc. Telur ayam dibiarkan tetap utuh. Airnya diminum dan telurnya dimakan setelah makan nasi. Lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali sehari.

15. Bunga Kenanga

Bahan: Sediakan 15 gram bunga kenanga, 15 gram jahe, dan air bersih sebanyak 400 cc.
Cara pengobatan: Jahe dicuci bersih dan diiris-iris, kemudian direbus bersama bunga kenanga dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring airnya kemudian diminum selagi masih hangat.

16. Daun Alpukat

Bahan: Sediakan tiga hingga empat lembar daun alpukat segar, dan segelas air panas.
Cara pengobatan: Daun alpukat segar dicuci hingga bersih, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin, airnya diminum satu kali sehari sebanyak satu gelas.

17. Daun Kayu Putih

Bahan: Sediakan 10 sampai 15 gram daun kayu putih dan 3 gelas air bersih.
Cara pengobatan: Daun kayu putih direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian airnya diminum selagi masih hangat. Lakukan pengobatan ini secara rutin satu kali sehari.

18. Kompres es batu

Beberapa jenis sakit kepala, seperti migrain, bisa sembuh ketika 'didinginkan'. Caranya tentu dengan mengompres menggunakan es batu. Bungkus es batu dalam wadah kecil atau handuk kering, kemudian tempelkan pada kening. Biarkan seperti itu hingga 15 menit. Ulangi lagi dengan jeda waktu agak lama, sekitar 15 menit.

19. Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin B2

Vitamin B2 berkhasiat meredakan migren. Makanan yang mengandung vitamin B2 seperti daging, yogurt, keju, susu, telur, hati, sayuran hijau (asparagus, brokoli, bayam), serta kacang-kacangan.
Vitamin B2 mampu bertindak sebagai aspirin yang berkhasiat untuk mengobati sakit kepala. mengkonsumsi vitamin B2 (riboflavin) secara rutin selama 3 bulan sebanyak 400 mg per hari dapat menurunkan resiko terjadinya migren sebesar 50%.
Untuk mendapatkan vitamin B2 juga bisa meminum suplemen vitamin B2 yang bisa Anda temukan di pasaran. Penelitian menyebutkan bahwa suplemen vitamin B2 dapat membantu menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan penyakit migren. Suplemen vitamin B2 termasuk aman serta boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

20. Minum Teh Jahe Hangat

Obat alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi migren adalah dengan meminum teh jahe hangat. Jahe sudah banyak digunakan oleh orang-orang Arab, India dan Cina untuk mengobati migren.
Jahe berperan sebagai antiinflamasi yang bekerja dengan cara membantu menghambat sintesis prostaglandin yaitu senyawa kimia yang dapat memicu migren. Jika migren menyerang Anda cobalah minum teh jahe hangat. Minuman teh jahe dapat menurunkan durasi dan tingkat keparahan.
Cara untuk membuatnya adalah dengan mengupas jahe lalu dimasak dalam air sampai mendidih. Kemudian masukkan satu kantong teh ke dalam air rebusan jahe seduh, selanjutnya saring dan siap diminum. Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda juga bisa mencapurkan sedikit madu, lemon, atau susu kedalam minuman teh jahe hangat.

21 Hidroterapi

Hidroterapi merupakan teknik terapi dengan menggunakan air. Untuk mengobati migren cobalah masukkan kedua kaki Anda ke dalam air dingin dan letakkan kain hangat pada bagian leher Anda.
Cara seperti ini dapat membantu melancarkan aliran darah dari kepala ke kaki. Selain itu Anda juga bisa mandi dengan air hangat guna mengurangi ketegangan pada bagian leher dan punggung Anda.

Penyebab Sakit Kepala

  • Cuaca yang terik menerpa diri Anda selama beberapa jam.
  • Aroma parfum yang menyengat, bisa juga bau cat ataupun beberapa jenis bunga.
  • Latihan fisik yang berlebihan.
  • Aktivitas seks diluar batas dan terus ketagihan.
  • Mengikat rambut dengan tali rambut yang begitu kencang sehingga penghubung jaringan pada kulit kepala jadi tegang.
  • Salah bergerak, misalnya: Menjepit telepon dengan bahu dan pundak, duduk di atas kursi tanpa penyangga punggung dalam waktu yang lama.
  • Zat tiramin yang terdapat pada minuman beralkohol dan jenis keju.
  • Telat makan.
  • Hubungan percintaan.
  • Masalah ekonomi.
  • Nikotin dari asap rokok yang terhirup hidung, sangat mengancam kesehatan karena mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah pada otak.
  • Minum kopi berlebihan.
  • Kekurangan vitamin B2, D dan magnesium.
  • Kerja kelewat batas.
  • Kurang tidur.
  • Radiasi HP.
  • Tumor.
  • Infeksi pada hidung, kerongkongan dan telinga.
  • Luka di kepala.
  • Penyakit mata dan mata lelah.
Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan? Mudah-mudahan bisa membantu. Demikianlah ulasan mengenai 21 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat dari kami, semoga bermanfaat. Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Kentang.